Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Konsep-konsep Dasar Komunikasi Pemasaran

Salira TV – Calon Media Online – www.salira.tv | Inilah Konsep-konsep Dasar Komunikasi Pemasaran, REFERENSI Modul 1 Konsep-konsep Dasar Komunikasi Pemasaran, Asep Suryana – Universitas Terbuka.

KONSEP DASAR KOMUNIKASI PEMASARAN
Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran (SKOM4328) – Sesi 1
Penelaah: Gunawan Wiradharma, M.Si., M.Hum. – (gunawan.wiradharma@ecampus.ut.ac.id)
Universitas Terbuka

Capaian Pembelajaran Khusus (CPK)

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar komunikasi pemasaran terkait prinsip dan proses komunikasi pemasaran.

PENGANTAR

Komunikasi pemasaran pada prinsipnya merupakan “Ujung Tombak” bagi organisasi untuk memperkenalkan, memengaruhi, mendorong, dan mengarahkan pengambilan keputusan audiens (konsumen) tentang produk, merek dan nama organisasi sehingga audiens bertindak sesuai dengan tujuan organisasi.

Dalam dekade terakhir, komponen komunikasi pemasaran dalam bauran pemasaran menjadi semakin penting. Bahkan telah diklaim bahwa pemasaran di era 1990-an adalah komunikasi dan komunikasi adalah pemasaran. Keduanya tak terpisahkan.

Prinsip-Prinsip Komunikasi Pemasaran

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran dapat dipahami dengan menguraikan dua unsur pokoknya, yaitu komunikasi dan pemasaran.

Komunikasi adalah proses ketika pemikiran dan pemahaman disampaikan antarindividu, atau antara organisasi dengan individu.

Pemasaran adalah sekumpulan kegiatan manakala perusahaan dan organisasi lainnya mentransfer nilai-nilai (pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya.

Jika digabungkan, komunikasi pemasaran merepresentasikan gabungan semua unsur dalam bauran pemasaran merek, yang memfasilitasi terjadinya pertukaran dengan menciptakan suatu arti yang disebarluaskan kepada pelanggan atau kliennya (Shimp, 2003).

Konsep-Konsep Inti Komunikasi Pemasaran

  • Komunikasi pemasaran merupakan sebuah proses
  • Pesan pemasaran disajikan secara terintegrasi
  • Sasaran komunikasi pemasaran adalah pasar
  • Tujuannya adalah menstimulasi pasar sehingga ada respon
  • Merespon pasar dengan memodifikasi pesan yang kurang efektif
  • Mengembangkan komunikasi yang efektif
  • Reposisi organisasi dan penawaran produk
  • Konsumen merupakan fokus komunikasi pemasaran

Ruang Lingkup Komunikasi Pemasaran

  • Konsumen sebagai target
  • Keputusan Komunikasi Pemasaran
  • Pengendalian Komunikasi pemasaran
  • Strategi komunikasi pemasaran
  • Strategi penyampaian pesan pemasaran
  • Rancangan Pesan Pemasaran
  • Membangun citra organisasi dan merek
  • Budget komunikasi

Peranan Komunikasi dalam Pertukaran

Bowersox dan Morash (1989) menunjukkan bahwa alur pemasaran seperti halnya alur informasi dapat diwujudkan sebagai suatu jaringan ketika hal itu merupakan satu-satunya tujuan untuk pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen. Komunikasi memainkan peranan penting dalam jaringan pertukaran tersebut.

Dalam pertukaran pasar, komunikasi dicirikan oleh formalitas dan perencanaan. Pertukaran relasional didukung oleh aktivitas komunikasi yang berulang kali. Terdapat dua arah aliran komunikasi dan laju informasi informal untuk kondisi dan waktu yang terjadi. Pemikiran tersebut dalam pertukaran relasional telah dipopulerkan dengan sebutan pemasaran hubungan (relationship marketing).

Fungsi Komunikasi Pemasaran

  1. Penawaran : banyaknya barang dan atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada suatu pasar tentu, periode tertentu, harga tertentu
  2. Informatif : Suatu Pandangan yang berkembang populer menyatakan bahwa strategi perusahaan hendaknya didukung oleh “stakeholder” kunci organisasi
  3. Relasional : Banyak organisasi mengakui kegunaan dan pentingnya Public Relations (PR) yang baik
  4. Menjaga hubungan yang baik : Komunikasi pemasaran menekankan aspek pengembangan saluran atau pemasaran distribusi

Kerangka Analisis Komunikasi Pemasaran

Proses Komunikasi Pemasaran

Pertama, dinamika proses harus “ditahan” sebagaimana halnya ketika kita mengambil suatu objek melalui kamera. Misalnya, penampakan gerakan, dinamika dari objek yang sebenarnya, ditahan, demikian juga hubungan unsur-unsur dari objek tersebut tidak nampak.

Kedua, berkaitan dengan penggunaan “bahasa”. Bahasa merupakan suatu proses. Bahasa juga selalu berubah, berkelanjutan. Bahkan, bahasa yang diucapkan sekali pun, setelah periode waktu tertentu, secara relatif adalah statis.

Perspektif Proses Komunikasi

1. Perspektif Psikologis

Proses komunikasi dari perspektif psikologis menyatakan bahwa proses komunikasi terjadi pada diri komunikator dan komunikan. Pada saat seorang komunikator akan menyampaikan sebuah pesan maka di dalam dirinya terjadi suatu proses.

2. Perspektif Mekanistik

Berdasarkan perspektif mekanistis, proses komunikasi berlangsung ketika komunikator mengoperkan pesannya melalui alat-alat indera (lisan melalui mulut, tulisan melalui tangan, misalnya), dan pesan tersebut sampai dan ditangkap komunikan (melalui indera telinga, dan mata, misalnya). Komunikasi, menurut perspektif ini bersifat rumit. Akan tergantung pada situasi.

Kaitan antara Bauran Promosi dengan Strategi Pemasaran

Proses Komunikasi Pemasaran

KESIMPULAN

1. Komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan dirancang agar konsumen mengetahui adanya produk tersebut, mendorong pembelian atau komitmen, menimbulkan sikap yang positif terhadap produk, memberikan arti simbolis kepada produk, atau menunjukkan bagaimana komunikasi tersebut dapat lebih baik dalam memecahkan masalah konsumen jika dibandingkan dengan produk competitor.

2. Komunikasi pemasaran membutuhkan pemuasan tujuan-tujuan promosi melalui kejelasan dan pemikiran pengembangan strategi komunikasi.

Demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.