Pembebasan Lahan Tol Getaci Cigatas Trase Kota Tasikmalaya akan Dimulai pada 2022

  • Share

Salira TV – Calon Media Online – www.salira.tv | Info Tekini Tol Getaci – Gedebage Garut Tasik Ciamis Cilacap. Progres pembangunan Tol Gedebage Garut Tasik Ciamis Cilacap atau Getaci (atau ada juga yang masih menyebutnya Tol Cigatas – Cileunyi Garut Tasikmalaya) – Trase Kota Tasikmalaya kini sudah mulai memasuki tahap pembebasan lahan.

Rencananya proses pembebasan lahan di wilayah kota Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Hingga saat ini, pembebasan lahan baru memasuki wilayah Garut.

Proses pengerjaan Jalan Tol Getaci (Cigatas) Trase Kota Tasikmalaya kini sudah memasuki tahap pembebasan lahan. Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf menyampaikan pembebasan lahan tol di wilayah kota Tasikmalaya awalnya akan dimulai pada pada pertengahan tahun 2021, hanya saja adanya pandemi covid-19 membuat pelaksanaan pembebasan lahan baru bisa dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang.

Walikota Tasikmalaya sempat kaget lantaran progress Tol Getaci (Cigatas) mengalami kebuntuan, namun belakangan dirinya memahami jika pemerintah pusat kala itu tengah fokus di pembangunan Jalan Tol di wilayah Indonesia bagian timur.

Ia menuturkan, meskipun didalam situasi pandemi covid-19, proses pembebasan lahan untuk Tol Getaci (Cigatas) terus berjalan. Hanya saja, hingga saat ini, proses pembebasan lahan masih dilakukan di wilayah kabupaten Garut dan belum memasuki ke wilayah trase kota Tasikmalaya.

Yusuf menambahkan ide membangun tol Getaci (Cigatas) lahir pada tahun 2018 lalu, dimana pada saat itu, dirinya menyampaikan kebutuhan jalan tol ke wilayah kota Tasikmalaya pada Presiden Republik Indonesia saat diundang menjadi perwakilan Kepala Daerah se-Indonesia karena pada musim mudik idul fitri akses menuju kota Tasikmalaya khususnya di Jalur Gentong kerap mengalami kemacetan. Nantinya jika jalan Tol Getaci (Cigatas) sudah jadi maka perjalanan Tasik Bandung atau sebaliknya diperkirakan dapat ditempuh hanya satu jam perjalanan.

Sumber : Radar TV Tasikmalaya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *