Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya
JAWA  

Enam Jenis Komunikasi Tertulis ini Masuk ke Kelompok Opini

Salira TV – Calon Media Online – www.salira.tv | Dalam Surat Kabar, tidak semuanya berita, tetapi ada juga tulisan yang berbentuk Opini.

Oh ya, dalam tulisan Berita itu adalah tidak boleh dicampurkan dengan Opini. Berita harus murni langsung dan sesuai dengan apa yang dikatakan atau dinyatakan oleh Narasumber, sedangkan Opini adalah artikel yang memang sudah memiliki pandangan / gagasan / idea dari yang menulis Opini tersebut.

Nah, bersumber dari Buku Perencanaan Pesan dan Media – Waska Warta – Universitas Terbuka – Halaman 5.10-5.11, dalam Surat Kabar, itu ada Enam jenis Komunikasi Tertulis yang masuk ke Kelompok Opini. Penjelasan selangkapnya ada di bawah ini, terus baca sampai akhir ya teman-teman.

Jenis-jenis komunikasi tertulis atau tercetak yang termasuk ke dalam kelompok opini yang dimuat dalam surat kabar, antara lain adalah :

1) Tajuk Rencana (editorial)

Yaitu sajian yang berisi pandangan dan ulasan suatu peristiwa dengan pernyataan pro, kontra atau netral terhadap peristiwa tersebut, dan ditulis oleh kalangan redaksi atau mewakili pandangan lembaga yang menerbitkan surat kabar.

Dengan kata lain, tajuk rencana adalah sikap resmi media terhadap suatu permasalahan atau peristiwa. Iriantara (2005: 170) menyatakan bahwa tajuk rencana bisa menjelaskan duduk perkara, bisa juga memberikan pertimbangan moral.

2) Artikel (articles)

Yaitu sajian berisi uraian atau analisis mengenal suatu fakta dengan menggunakan pendekatan teoritis dan ditulis oleh kalangan non-redaksi. Pada umumnya penyaji adalah kalangan akademisi atau para pakar yang memiliki reputasi di bidang yang relevan dengan fakta dan permasalahan itu.

3) Kolom

Menyajikan analisis mengenai suatu fakta dengan pendekatan yang lebih mencerminkan pendapat atau pandangan pribadi penulisnya.

4) Karikatur

Yaitu opini yang disajikan bentuk gambar karikaturis. baik disertai kalimat maupun tanpa kalimat dialog.

5) Pojok

Yaitu tanggapan redaksi terhadap suatu pernyataan yang terkait kejadian atau peristiwa aktual yang dianggap menarik perhatian.

6) Surat Pembaca

Yaitu sajian informasi tertulis berisi pendapat, tanggapan, atau pandangan khalayak terhadap suatu peristiwa. (F)

Leave a Reply

Your email address will not be published.