Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Tujuh Keuntungan dari Komunikasi Lisan

Salira TV – Calon Media Online – www.salira.tv | Komunikasi lisan adalah komunikasi di mana pesan atau pertukaran informasi dengan kata-kata yang diucapkan. Hal ini dapat dilakukan dengan tatap muka, baik langsung maupun melalui perangkat mekanik. Keduanya pasti akan berlangsung melalui posisi penting dalam organisasi. Dalam wajah organisasi untuk komunikasi tatap muka dapat dilakukan melalui konferensi, seminar, diskusi kelompok, wawancara pribadi, dan lain sebagainya.

Perangkat mekanis memainkan peran penting dalam proses komunikasi bisnis modern yang mencakup sinyal, telepon, ponsel, email, faks, dan sebagainya.

Berikut ini, keuntungan dari komunikasi lisan :

1. Kecepatan: setelah Anda melakukan kontak dengan audiens Anda, tidak ada jeda waktu antara transmisi dan penerimaan pesan.

2. Pembicara mampu mendapatkan perhatian pribadi dari pendengar: Anda mungkin menghabiskan berjam-jam menyusun nota, surat melaporkan hanya untuk memindai penerima jika dangkal atau tidak membacanya sama sekali. Dalam kontak pribadi, Anda memiliki perintah lebih atas perhatian penerima.

3. Menghemat waktu: di mana tindakan yang perlu diambil segera, disarankan untuk berkomunikasi secara lisan.

4. Menghemat biaya: pada suatu waktu Anda dapat berkomunikasi dengan lebih dari satu orang dan menghemat biaya dibandingkan dengan komunikasi tertulis bila dalam organisasi.

5. Memungkinkan umpan balik seketika: ketika Anda berbicara langsung dengan satu atau lebih pendengar, Anda dapat menanggapi pertanyaan segera setelah mereka muncul. Anda dapat merevisi cepat jika Anda telah menggunakan kata yang

6. Dilengkapi oleh petunjuk nonverbal: orang yang menerima komunikasi lisan bisa mengombinasikannya dengan ekspresi dan nonverbal sekitar pembicara, pesan dapat lebih dipahami.

7. Sangat berguna saat berkomunikasi dengan kelompok-kelompok dalam pertemuan-pertemuan, majelis, dan sebagainya (Vikram Bisen and Priya. 2009).

Sumber : Komunikasi Bisnis – Suwandi Sumartias – Halaman 5.8 – Universitas Terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.