DARI REDAKSI
TV ANDROID 24 JAM SALIRA TV MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA ANAK MUDA UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS UNTUK DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING (SESUAI DOMISILI KTP). HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.

Dari Redaksi Salira TV,
Pada setiap kegiatan liputan jurnalistik dan atau kunjungan kerja, Wartawan Salira TV dilengkapi dengan ID Pers dan Surat Tugas yang masih berlaku, serta namanya tercantum di Box Redaksi https://salira.tv/redaksi/

Calon Narasumber, Instansi Pemerintahan, Sekolah, Pengusaha, dan Masyarakat Umum berhak untuk meminta kepada yang mengaku sebagai Wartawan Salira TV untuk menunjukkan ID Pers & Surat Tugas yang masih berlaku.

Calon Narasumber, Instansi Pemerintahan, Sekolah, Pengusaha, dan Masyarakat Umum juga berhak untuk mengambil foto close-up yang bersangkutan, dan mengkonfirmasikannya ke Nomor WhatsApp Center Salira TV di 0838-9640-3437.

Jika yang bersangkutan terbukti Bukan Wartawan Salira TV, Calon Narasumber dan juga Redaksi Salira TV dapat melaporkannya kepada Pihak Kepolisian untuk ditindaklanjuti sebagai kasus Pidana Pemalsuan Identitas yang merugikan Calon Narasumber dan Perusahaan Media Salira TV.
Terimakasih.

Lowongan Jadi Wartawan & Content Creator di Salira TV

Download & Install Aplikasi Salira TV ~ TV Android 24 Jam di Playstore

Teknik Mencari dan Menulis Berita

Calon Media Online Salira TV – Ini adalah salah-satu Matakuliah pada Program Studi : Ilmu Komunikasi di Universitas Terbuka (UT) Semester 4, “Teknik Mencari dan Menulis Berita”.

Pers adalah perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan jurnalisme. Sementara itu, jurnalisme adalah kegiatan mencari, mengumpulkan, sampai memublikasikan informasi dengan cara yang sudah baku. Surat kabar, majalah, radio, televisi, dan internet yang melakukan kegiatan jurnalisme adalah pers. Orang yang tugasnya di bidang jurnalisme adalah wartawan.

Dalam Buku Materi Pokok atau BMP ini banyak dibahas tentang tata pelaksanaan bagaimana kita sebaiknya dalam Teknik Mencari dan Menulis Berita, diantaranya yaitu :

1. Dunia Jurnalisme dan Profesi Wartawan
Membahas tentang:
a. Sejarah dan Lingkup Pekerjaan Jurnalisme
b. Hubungan Pers dan Jurnalisme
c. Profesi Wartawan dan Jurnalisme

2. Pengertian Berita
Membahas tentang:
a. Memahami Pengertian Berita
b. Memahami Jenis-jenis Berita

3. Unsur Berita
Membahas tentang:
a. Unsur Berita I
b. Unsur Berita II

4. Teknik Mencari dan Menggali Informasi untuk Bahan Berita
Membahas tentang:
a. Menemukan Peristiwa Layak Berita
b. Merencanakan Berita
c. Menentukan Narasumber

5. Teknik Wawancara
Membahas tentang:
a. Pengertian Wawancara
b. Persiapan Wawancara
c. Proses Wawancara

6. Reportase dan Reportase Investigasi
Membahas tentang:
a. Pengertian Reportase
b. Reportase Investigasi

7. Bahasa Jurnalisme
Membahas tentang:
a. Bahasa Indonesia dan Bahasa Jurnalisme
b. Pengetahuan Teknis Bahasa Jurnalisme

8. Struktur Berita
Membahas tentang:
a. Konstruksi Pemberitaan
b. Struktur Berita dan Menyusun Berita Langsung

9. Menerapkan Teknik Penulisan Jurnalisme
Membahas tentang:
a. Karangan Khas (Feature)
b. Teknik Penulisan Karangan Khas, Tajuk, dan Artikel atas Nama

Demikian hal-hal yang dibahas dalam Buku “Teknik Mencari dan Menulis Berita” Karya S. Sinansari Ecip. dkk – dimana Buku ini diterbitkan oleh : UT – Universitas Terbuka.