Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Gebu Sore Hari, Ngabuburit Puasa Ramadhan 1443/2022 – Walking Tour

TASIKMALAYA, SALIRA TV – Kebisaan ngabuburit sudah menjelma menjadi budaya masyarakat Indonesia ketika berada pada bulan puasa ramadhan. Ngabuburit adalah acara santai berkunjung ke suatu tempat yang menarik sambil menunggu adzan maghrib. Tentu saja dari sebagian Anda akan ada yang tidak setuju dengan definisi ngabuburit yang kami sebutkan diatas, karena ada banyak sudut pandang masing-masing untuk itu, bahkan mengikuti Acara Pengajian Sore hari di masjid / madrasah pun itu bisa termasuk dan disebut ngabuburit, jadi tidak ada makna statis untuk itu.

Seperti halnya yang dilakukan dan dialami oleh Salira TV, kali ini berkesempatan jalan-jalan di sore hari ke Gebu (Gedung Bupati) di komplek pemerintahan kabupaten Tasikmalaya.

Video diawali dengan menyorot Masjid terbesar dan termegah di Kota Santri tersebut yaitu Masjid Baiturrahman. Kemudian kami berjalan ke arah timur dimana disana sudah banyak sekali pedagang dan pejalan kaki warga masyarakat yang tengah melakukan aktivitas  ngabuburit.

Ada yang berbeda dengan Gebu sekarang, dimana untuk pertama kalinya saya melihat di depan pintu masuk kawasan taman gebu itu sekarangan ada Pintu untuk parkir seperti jika kita mau masuk ke Plaza Asia Tasikmalaya atau ke kawasan Rumah Sakit RS SMC (Singaparna Medika Citrautama) Kabupaten Tasikmalaya.

Kami pun memasukinya dan mengambil tiket dengan cara menekan tombol yang tersedia disana. Ketika pulangnya, kami dimintai uang parkir Rp. 2.000,- untuk kelas sepeda motor. Kami tidak sempat bertanya ke yang lain atau ke petugas yang sedang jaga disana, apakah tarif parkir itu berbeda-beda sesuai lama waktu parkir atau dipukul rata dengan nilai Rp. 2.000,- per kendaraan per sekali sesi parkir? – kedepan akan kami cari tahu hal itu ya teman-teman.

Singkat cerita, kami melihat bahwa Gebu masih terus mengibarkan kewibawaannya dan keperkasaannya. Menonjol di garda terdepan sebagai icon Kabupaten Tasikmalaya. Ya, kami menaruh harapan kedepan Gebu menjadi lebih representatif lagi dalam menampilkan jati diri kesundaan masyarakat warga kabupaten Tasikmalaya, sehingga keberadaanya benar-benar menjadi icon ciri budaya masyarakat Sunda di Priangan Timur ini.


Calon Media Online Pariwisata dengan konsep Ekonomi Kolaboratif – www.salira.tv
Channel YouTube : Salira TV – Walking Tours | “Komunitas Pensiunan Sehat”
Tanggal shooting
: 17 April 2022
Lokasi : Area Gebu (Gedung Bupati) Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat
Kontributor : Firmansyah
Kamera : GoPro Hero 10
Keterangan : Video ini diambil di sore hari sekitar jam 16.30 WIB, saat suasana ngabuburit, puasa Ramadhan 1443 H / 2022 M. Fokus utama kamera adalah menyorot para pedagang UKM disana dan juga menyorot hiruk pikuk suasana masyarakat yang sedang menunggu Adzan Maghrib Buka Puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.