Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Kampung Naga, Kampung Na Gawir

TASIKMALAYA, SALIRA TV – Pagi ini, cuaca sangat cerah.

Saya berkesempatan dapat berkunjung ke Kampung Naga, sebuah pemukiman warga di Kabupaten Tasikmalaya yang masih sangat kental mempertahankan Budaya Leluhur Nenek moyangnya.

Perjalanan saya dimulai dari Kota Singaparna, Kota yang merupakan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, berada di 17 km dari kampung Naga.

Dengan menggunakan Sepeda Motor, maka lama perjalanan dari Kota Singaparna ke Kampung Naga dapat ditempuh selama 29 menit.

Sebelum masuk Kampung Naga, disana terdapat Lapangan parkir yang cukup luas, bisa memuat puluhan kendaraan roda empat sekelas Avanza. Disana saya memarkir sepeda motor.

Saya pun melanjutkan perjalanan.

Kampung Naga terletak di lembah, jika dari Parkiran tadi, kita melihat Kampung naga adalah ke bawah.

Untuk bisa sampai ke Kampung Naga nya, saya harus menuruni tangga yang memiliki kemiringan 45 derajat dan jaraknya sekitar 500 meter.

Secara administratif, Kampung Naga berada di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.
Sebelah Barat Kampung Naga dibatasi dengan Makam Keramat, dimana Karuhun nenek moyang penduduk Kampung Naga dimakamkan disana.

Kemudian Sebelah Utara dan Timur, kampung adat ini dibatasi dengan Sungai Ci Wulan, yang sumber mata airnya berasal dari Gunung Cikuray Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sedangkan sebelah Selatan Kampung Naga, terdapat Pesawahan penduduk kampung adat ini, dimana kondisinya bisa dibilang Subur.

Ada hal yang sangat menarik yang kami dapatkan dari pemaparan kuncen Kampung Naga adalah bahwa penamaan Kampung Naga itu adalah bukan berarti disana ada hewan / makhluk Naga, tetapi itu singkatan, salah-satunya adalah Kampung Na Gawir (NaGa), Na Gawir adalah ragam bahasa Sunda, yang jika diartikan ke Bahasa Indonesia adalah “Di Jurang” – Na=Di, lalu Gawir=Jurang. Jadi Naga = Na Gawir = Di Jurang. Begitu kata bapak kuncen sambil terlihat tersenyum.

Artikel ini memang belum memiliki video yang layak, Salira TV belum mengunjungi Kampung Naga. Artikel ini adalah hasil dari Reportase Ai Ima Fatimah dan kawan-kawan pada saat ditugaskan dari Sekolah SMK Al-Huda Sariwangi Tasikmalaya sewaktu masih ada di sekolah itu.

Tentu saja, kedepan Salira TV juga akan meliput Kampung Naga ini, dan diberi Judul : “Walking Tour Kampung Naga Tasikmalaya – Kampung Na Gawir”. (F)

Leave a Reply

Your email address will not be published.