Breaking News
Kirim Berita Viral 3-5 Menit (Ada Wawancara & Selfie) + Rilis Teksnya 5W1H ke Salira TV, Dihargai Rp. 50.000,-. WA: 08-5353-99-4262 - https://bit.ly/3xzCfW2
Kirim Video Berita, Ditransfer Uang Rp.50rb!

Rangkuman Penting dari Buku Teknik Mencari dan Menulis Berita

TASIKMALAYA, SALIRA TV – Data ini bersumber dari Buku Materi Pokok atau BMP UT Universitas Terbuka – Teknik Mencari dan Menulis Berita, S. Sinansari Ecip, dkk., sebagai berikut :

Dalam UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, definsi Pers adalah lembaga social dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik.

Konvergensi berasal dari bahasa Inggris convergence yang maknaya bertemu di satu jalur. Konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda.

Pers disebut sebagai salah satu pilar demokrasi bersama-sama dengan pilar lainnya, yaitu legsilaif, eksekutif, dan yudikatif. Istilah pers sebagai pilar demokrasi ini disebut sebagai forth estate (pilar ke emapat).

Pers setidaknya memilik empat fungsi, yaitu sebagai media yang memberi informasi, mendidik, menghibur, dan koreksi (kontrol kepada kekuasaan).

Pers adalah kegiatan publikasi. Namun ketiga publikasi itu menggunakan buku, maka itu merupakan pengertian dalam arti yang sempit. Dalam arti yang luas mencakup seluruh kegiatan publikasi media apapun bentuknya.

Pemimpin Redaksi adalah orang yang bertanggung jawab pada isi pemberitaan kepada atasnnya atau kepada hukum negara dank kode etik jurnalistik dalam sebuah organisasi media masaa.

Apabila seorang wartawan ternyata sering melakukan kesalahan dalam menyampaikan data, artinya wartawan tersebut kurang menghayati apa yang disebut disiplin verifikasi dalam sembilan elemen jurnalist.

Jurnalisme adalah kegiatan mencari, menggali, mengumpulkan, mengolah, memuat dan menyebarkan berita sedangkan pes adalah lembaga yang melakukan kegiatan jurnalisme.

Syarat umum untuk menjadi seorang wartawan, dia harus memiliki kecerdasan dan kewaspadaan, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan perhatian terhadap masyarakat, peka terhadap ketidakadilan dan berani berbeda pendapat dengan penguasa.

Broad-based knowledge competencies dibutuhkan untuk menjadi wartawan professional pada abad ini, yaitu memiliki kemampuan dasar ekonomi, statsistik, matematika, sejarah, sains, perawatan kesehatan, dan struktur pemerintahan. romosi.

Hak Koreksi, adalah hak setiap orang untuk membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh media, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.

Oral performance competencies aadalah kemampuang menyampaikan pengertian, respons yang baik, percaya diri, dan bertenggung jawab seorang wartawan.

Kelebihan media cetak dibandingkan media elektronik adalah dapat dibaca kapan saja, dapat dibaca berulang-ulang, mudah dibawa.

Berita menurut para ahli jurnalisme adalah sesuatu yang baru, penting dan menarik.

Sebuah berita yang memiliki dampak terhadap masyarakat akan memiliki kekuatan lebih besar dsbanding dengan berita yang hanya berdampak kepada segerlintir orang.

Kenaikan tarif dasar listrik dan telepon pada saat situasi sulit akan diberitakan hampir semua majalah, Koran, radio, dan televise. Hal ini disebabkan kaenaikan tarif itu layak diberitakan apabila dipandang beraitan dengan kepentuingan masyrakat.

Orang menggigit anjing disebut berita, sedangkan anjing menggigit manusia disebuta bukan berita. Ungkapan ini disampaikan John B Bogart seorang wartawan New York Sun.

Proses yang harus dilalui agar informasi faktual dapat disebut sebagai berita harus dipublikasikan oleh media massa, dan dikemas secara jurnalisme.

Jika ada keluhan atau protes terhadap pemberitaan suatu media massa yang menentukan apakah seorang wartawan melanggar kode etik jurnalistik atau tidak adalah Dewan Pers.

Persitiwa yang diberitakan harus benar-benar terjadi, tidak boleh bohong, tidak boleh dibuat-buat, atau dikarang karang merupakan unsur dasar pemberitaan yang disebut faktualitas.

Persitiwa yang diberitakan harus benar-benar terjadi, tidak boleh bohong, tidak boleh dibuat-buat, atau dikarang karang merupakan unsur dasar pemberitaan yang disebut faktualitas.

Berita mengenai pelajar sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Indonesia yang memenangi olimpiade fisika di luar negeri, tetapi tidak dijelaskan negara mana berarti kurang unsur where (Diamana).

News Peg merupakan unsur penting yang terikat waktu, yang pada unsur itulah penulisan berita mencantelkan/mengatkan beritanya.

Peristiwa-peristiwa memiliki kencendurang yang serupa dari masa ke masa sehingga dapat dirumuskan elemen daya tarik berita. Hal ini disebut News Interest.

Wartawan yang mengekor pada berita sebelumnya, tetapi menambah kedalaman dengan data dan sudut pandang lain, itu berarti ia mem-follow up.

Sistem kerja keredaksian yang tidak mengelomopkkan reporter secara ketat dan bisa ditugasi untuk meliput aneka bidang dengan mobilitas tinggi cocok untuk media massa jenis Majalah.

Strenz mengatakan kantor-kantor pemerintah, humas atau sumber-sumber promosi merupakan sumber berita konvensional.

Untuk menentukan sumber berita, wartawan harus mengerahkan kepekaan psikologis unruk menilai mana ucapan nara sumber yang fiktif dan mana yuang faktual dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan uji silang. Hal ini merupakan pertanda baghwa nara sumber kredibel.

Nara sumber yang kompeten artinya Memiliki keahlian di bidang ilmu tertentu.

Memberithukan tujuan wawancara, menyampaikan apa yang ingin ditanyakan, dan mengontak nara sumber adalah etika dalam wawancara ketika wartawan mewawancarai sumber berita. Wartawan tidak beretika jika mengarahkan jawaban nara sumber.

Kegiatan wartawan hampir tidak bisa lepas dari aktivitas mewawancarai narasumber, menyusun laporan jurnalistik, dan meminta keterangan dari nara sumber. Namun wartawan tidak boleh mengarahkan jawaban narasumber agar sesuai dengan keinginannya.

Informasi yang diperoleh dari wawancara bisa meliputi semua hal, termasuk pendapat, kesan, dan pengalaman narasumber.

Tidak semua wawancara bisa dilakukan dengan persiapan yang matang. Ada pula wawancara insidental atau tidak teruga. Nah dalam hal wawancara yang tan perencanaan ini, keterampilan dan jam terbang wartawan adalah hal yang paling menentukan.

Ketika wawancara tatap muka secara langsung tidak mungkin dilaksanakan, alternatif yang banyak digunakan wartawan adalah dengan menggunakan telepon atau email.

Adakalanya narasumber begitu sulit diwawancarai sehingga reporter mesti melakukan langkah-langkah membututi nara sumber sampai ada kesempatan wawancara, menjalin hubungan dengan humas atau ajudan menjalin hubungan dengan sopir narasumber. Dan tidak boleh adalah menjalin hubungan dengan istri nara sumber.

Wartawan yang datang lebih awal dari waktu yang dijanjikan menunjukkan bahwa dia seorang wartawan yang menghargai waktu dan siap wawancara, dan yang terpenting dia akan memperoleh kepercayaan yang lebih dari narasumber.

Dalam sejarah pers Indonesia, Harian Indonesia Raya paling sering dibredel. Ia mengalami pemberedelan sebanyak tujuh kali.

Berikut ini adalah penggungaan awalah di- dank e- yang benar, yaitu :
Di kamar, di meja, kemeja, ke luar negeri

Teras berita yang sangat efektif untuk laporan jurnalisme mengenai petualangan yang menggambarkan suasana tegang, ketakutan, frustrasi, kekacauan, atau tembak-tembakan disebut teras berita bercerita

Teras berita deskriptif bisa menciptakan gambaran dalam pikiran pembaca soal Wajah Johni sama sekali tak mengesankan bahwa ia seorang perampok kambuhan. Ia berpembawaan halus, sopanm dan ramah. Kalimat ini merupakan teras berita jenis.

Menampilkan bagian inti pada kesempatan pertama lazimnya dilakukan pada berita langsung. Hal ini dikenal dengan istiah direct lead.

Salah satu definisi feature adalah artikel atau laporan istimewa di koran atau majalah yang memberikan tekanan pada suatu aspek tertentu suatu objek atau peritiwa yang mempunyai bias emosional, pribadi, atau humor, tetapi bukan berita actual.

Tajuk adalah opini resmi dari media massa yang bersangkuktan, apakah itu dari pengelola media massa dan pendukluing modal atau organisasi yang berada di belakang suatu media massa.

Perbedaan utama karangan khas dengan berita langsung adalah karangan khas ditambah bagian penting.

Anekdot adalah cuplikan kejadian yang lucu atau menarik sekaligus menghibur pembaca. (F)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *