Jasa Setrika Uap SALIRA Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Belajar Mengenal Peralatan Podcast, Live Stream Event Organizer, Live TV Show dan Live Stream Public CCTV

SALIRA TV – Kami dari Salira TV sudah merencanakan untuk mengembangkan Bisnis Informasi Salira TV ini dengan penambahan layanan tambahan lainnya yaitu Podcast. Dan untuk yang lainnya seperti Layanan Live Stream Salira TV, Event Organizer, Live TV Show, kemudian ke Layanan Public CCTV adalah ingin dijalankan juga, tetapi secara bertahap. Dan yang paling memungkinkan untuk duluan dijalankan adalah Layanan Podcast Salira TV.

Untuk hal peralatan podcast, itu sudah kami ulas di postingan : “Perlengkapan Alat untuk Bangun Mini Studio Podcast YouTuber“.

Jadi, di artikel ini adalah untuk memantapkan nya saja. Dan lebih ke menceritakan teknologi ATEM Mini Pro.

ATEM Mini Pro adalah seperangkat sistem lengkap dan sudah menjadi satu Alat yang ringkas dan kecil yang berguna untuk manajemen kamera. Jadi misalnya nanti di Salira TV Podcast ada kamera nya sebanyak 3 kamera. Nah, untuk perpindahan gambar video antar kamera sesuai kebutuhan maka digunakanlah ATEM Mini Pro ini.

Jadi ATEM Mini Pro ini layaknya switcher kamera mana yang akan operator tampilkan ke layar utama, apakah camera 1, camera 2, camera 3 dan sebagainya. Itu semua dilakukan oleh operator yang tentunya melalui instruksi manajer siaran yang ada di sampingnya misalnya.

Tentang hal perpindahan kamera hasil dari ATEM Mini Pro ini, tentunya Anda akan mudah menemukan contohnya dari hasil rekaman siaran acara Talk Show di Televisi nasional misalnya, itu mereka menggunakan 3 kamera bahkan lebih, jadi ketika ada pembicara A yang kebagian bicara, maka kamera yang menyorot penbicara A akan lebih banyak di aktifkan disamping kamera utama dan kamera dari surut lainnya sebagai pemanis – supaya tidak membosankan penonton.

Harga ATEM Mini Pro, bisa kita cek di marketplace, itu ada yang 10 juta an om.

Sebagaimana disebutkan oleh kami di artikel sebelumnya bahwa untuk hal kamera, kami lebih memilih kamera “Sony CX405 Handycam Full HD HDR-CX405” karena harganya lumayan terjangkau yaitu sekitar Rp. 3.229.000,- per unit. Jadi jika nanti kami menargetkan menggunakan tiga sudut kamera, maka kamera Handycam Sony ini harus membeli 3 pcs, tapi ya sedikit-sedikit saja dulu misalnya beli dulu satu pcs, kemudian nabung lagi, beli lagi sampai 3 pcs, dan jika perlu beli lagi jadi 4 atau 5 pcs untuk backup cadangan alat darurat khan?

Kami juga berencana untuk membeli Mixer Ashley yang memiliki 6 port mic, dimana harga di Marketplace Indonesianya adalah Rp. 350.000,- ini lumayan terjangkau harganya.

Tidak lupa untuk membeli perkabelan nya, dan untuk handycam sony diatas adalah menggunakan kabel HDMI, harganya sekitar Rp. 250.000,- ya itu untuk ukuran panjang 20 meter.

Kemudian investasi berikutnya yang harus dibeli adalah Mic yang sistem Kabel saja karena untuk di ruangan Podcast – jadi tidak perlu pakai mic mireless. Untuk merek mic nya – kami akan memilih dari merek : ashley i200 original, itu harganya Rp. 125.000 sampai dengan Rp. 450.000,- untuk setiap unitnya. Lumayan mahal sih – tapi akan sepadan dengan hasilnya.

Kami juga persiapan Laptop yang spect untuk main Game – harganya diatas 7.000.000,- an itu.

Setelah itu, tinggal hal lainnya saja sebagaimana umumnya di studio podcast yaitu misalnya harus investasi Meja, Kursi, kemudian membeli perlengkapan Lighting, alat UPS, kemudian juga tak kalah penting nya adalah alat untuk meredam suara dari luar agar gaduh di luar studio tidak ngaruh ke acara podcast yang sedang berlangsung. (F)

Leave a Reply

Your email address will not be published.