Breaking News
Kirim Berita ke SALIRA TV, Dibayar Rp.50.000,-/berita. WA: 08-5353-99-4262 - https://bit.ly/3xzCfW2
Kirim Video Berita, Ditransfer Uang Rp.50rb!

Dibuka Kesempatan untuk Menjadi Wartawan SALIRA TV NEWS

SALIRA TV Kabupaten TasikmalayaSALIRA TV NEWS adalah salah-satu Program Acara yang termasuk kedalam konten utama di Media Online Salira TV. Didalamnya memproduksi berita teks dan juga berita video (untuk saat ini, lebih diutamakan produksi berita video nya).

SALIRA TV NEWS adalah berbentuk sebuah channel di YouTube. Channel ini berbeda dengan channel-channel Salira TV lainnya. Di channel ini lebih bersifat resmi / sangat resmi dan sangat baku.

Berikut ulasan singkatnya :

SALIRA TV NEWS
Channel Khusus Berita Resmi

  • Durasi Video : 3-5 Menit
  • Wajib Ada Sesi Wawancara ke Narasumber
  • Menggunakan Bahasa Baku
  • Terdapat Voice Naration kedepannya (Ada SDM Khusus Narasi Suara kedepannya, bisa juga menggunakan robot jika SDM belum tersedia dan atau sebab hal lainnya)
  • Video diambil oleh Para Wartawan dan Kontributor Salira TV, jadi jika rekan-rekan ingin ikut serta mengirimkan video berita ke Salira TV News, rekan-rekan harus Daftar dulu jadi Wartawan atau jadi Kontributor Salira TV News.
  • Link Channel : https://salira.tv/yt3

Sekali lagi, yang handle produksi channel Salira TV News ini adalah para Wartawan dan Kontributor Salira TV News. Untuk wartawan adalah terbagi ke dalam banyak spesialis, diantaranya (kedepan sangat mungkin kami tambah spesialisnya, tergantung peluang di lapangan):

  • Wartawan Umum
  • Wartawan Spesialis Bansos
  • Wartawan Spesialis Sosial Media
  • Wartawan Spesialis Penelusuran Berita Hoax
  • Wartawan Spesialis Lalu Lintas
  • Wartawan Spesialis Demo
  • Wartawan Spesialis Pemda
  • Wartawan Spesialis Politik
  • Wartawan Spesialis Pengadilan
  • Wartawan Spesialis Bisnis & Ekonomi
  • Wartawan Spesialis Wisata
  • Wartawan Spesialis Kuliner
  • Wartawan Spesialis Pendidikan
  • Wartawan Spesialis Kebudayaan
  • Wartawan Spesialis Otomotif
  • Wartawan Spesialis Olahraga
  • Wartawan Spesialis Teknologi Informasi & Gadget
  • Wartawan Spesialis Selebriti
  • Wartawan Spesialis Humas POLRI
  • Wartawan Spesialis Kriminal & Kejahatan
  • Wartawan Spesialis Musibah

Dengan dikelompokkan ke dalam spesialis, kami berharap Wartawan-wartawan kami adalah menjadi fokus dengan tema berita sesuai dengan garapannya masing-masing, sehingga menghasilkan output konten pemberitaan yang berbobot dan bernilai News Value yang tinggi, yang berpeluang banyak ditonton oleh publik.

Untuk rekan-rekan yang tertarik ikut serta menjadi Wartawan Spesialis Channel SALIRA TV NEWS – mari bergabung bersama kami di media online Salira TV ini.

Terdapat Fee sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah). Nilai ini bisa saja berubah kedepannya (bisa berkurang, bisa bertambah), untuk setiap Video Berita yang Lolos diterima Pimpinan Redaksi dan sudah ditayangkan di channel SALIRA TV NEWS.

Berikut ini adalah Syarat dan Ketentuan menjadi Wartawan Channel SALIRA TV NEWS (berlaku juga untuk Kontributor, bedanya Kontributor tidak mendapatkan ID Pers dan Surat Tugas) :

  1. Calon Wartawan adalah Minimal Lulusan SMU / Sederajat
  2. Membayar Uang Jaminan untuk Original Konten sebesar Rp. 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) saat registrasi.
  3. Uang Jaminan Rp. 50.000,- akan diambil oleh Redaksi Salira TV jika terbukti secara Laporan YouTube bahwa konten video berita adalah plagiat (mengambil video orang lain – bukan hasil video liputan sendiri).
  4. Wartawan yang terbukti plagiat (sebagaimana dijelaskan diatas), harus mengirim ulang Uang Jaminan Rp. 50.000,- ke Pihak Redaksi Salira TV untuk bisa melanjutkan berkarya di SALIRA TV NEWS
  5. Uang Jaminan Rp. 50.000,- akan dikembalikan oleh Redaksi Salira TV ketika Wartawan dimaksud mengundurkan diri, meninggal dunia, dan atau dikeluarkan.
  6. Video Berita tidak mengandung unsur Isu SARA (Isu Sensitif Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan)
  7. Video Berita memiliki peluang Nilai Tonton yang tinggi di pasaran, seperti: Video rekaman kejadian kebakaran, gempa bumi, gunung meletus, banjir besar, Angin Topan, Peristiwa Unik Langka, dan lain-lain. Video Ceremonial yang memang sudah lazim berpeluang ditolak, tapi boleh diajukan, nanti Pimpinan Redaksi yang akan memutuskan diterima atau ditolaknya.
  8. Wartawan Dilarang menyebarkan konten video berita yang telah dikirim khusus (spesial) untuk SALIRA TV NEWS di media lain dan atau di akun media sosial pribadi wartawan, dan di tempat publik lain di Internet.
  9. Pimpinan Redaksi media online Salira TV memiliki hak dan wewenang untuk menerima atau menolak calon wartawan yang mendaftar dengan penjelasan atau tanpa penjelasan kepada calon wartawan.
  10. Pimpinan Redaksi media online Salira TV memiliki hak dan wewenang untuk menerima atau menolak Video Berita dari hasil Liputan Wartawan dengan penjelasan atau tanpa penjelasan kepada wartawan dimaksud.
  11. Pimpinan Redaksi media online Salira TV memiliki hak dan wewenang untuk memberhentikan sementara atau permanen wartawan yang sudah terdaftar dengan penjelasan atau tanpa penjelasan kepada wartawan dimaksud
  12. Pimpinan Redaksi media online Salira TV memiliki hak dan wewenang untuk menutup sementara atau permanen Program Salira TV News ini dan berhak memutuskan hubungan kerjasama dengan para wartawan Salira TV News, dengan penjelasan atau tanpa penjelasan kepada para wartawan.
  13. Wartawan yang diterima, akan dibekali dengan ID Press serta Surat Tugas. Dan masuk ke Forum Khusus Tim Redaksi Media Online SALIRA TV di https://redaksi.salira.tv/
  14. Wartawan mengirimkan video kepada Salira TV melalui formulir di link ini https://salira.tv/kirim – disana harus memberikan penjelasan video di kolom yang tersedia dengan berpedoman pada :
    5W1H
    – What – apa yang terjadi?
    – Where – dimana terjadinya?
    – When – kapan kejadiannya?
    – Who – siapa yang terlibat?
    – Why – mengapa itu terjadi?
    – How – bagaimana kronologi kejadiannya?
    Dimana itu semua dirangkum dalam satu atau dua paragraph (tidak termasuk Judul Berita). Dan tulisan dari wartawan tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan voice naration. Pimpinan Redaksi dan atau Editor berhak dan memiliki wewenang untuk melakukan editing teks narasi tanpa mengurangi makna berita yang terkandung didalamnya.
  15. PENTING: sekali lagi, kami tegaskan bahwa: Video Berita 5W1H harus berdurasi 3-5 menit dan Wajib mengandung Sesi Wawancara dengan Narasumber!
  16. Kesempatan untuk menjadi Wartawan SALIRA TV NEWS ini adalah terbuka untuk semua wilayah di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  17. Budget yang disediakan SALIRA TV NEWS saat ini adalah Rp. 200.000,- per bulan, artinya ada empat berita yang dimuat. Pimpinan Redaksi berhak dan memiliki wewenang untuk memilih berita mana yang akan lolos tayang, dengan melihat, mengamati dan lain sebagainya terhadap aspek NEWS VALUE terbaik dan berpeluang akan banyak ditonton publik, dengan tetap berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber.
  18. Nominal Rp. 200.000,- tersebut (sebagaimana dijelaskan diatas) dapat berubah (bisa berkurang, bisa bertambah) di lain waktu – sesuai dengan kemampuan Sistem Finance Media Online Salira TV, dan akan di informasikan perubahannya di halaman ini. Jadi yakinkan rekan-rekan untuk bookmark halaman ini dan cek secara berkala di masa depan.
  19. Syarat dan Ketentuan yang belum termuat, akan dilengkapi disini di masa mendatang.
  20. Data terakhir di update pada tanggal 08 September 2022.

Silahkan bertanya-tanya dulu di WA Salira TV di 08-5353-99-4262. atau jika rekan-rekan sudah merasa yakin, silahkan bisa langsung Daftar menjadi Wartawan SALIRA TV NEWS Disini (pilih : Wartawan Salira TV – News (channel youtube)).

Leave a Reply

Your email address will not be published.