Breaking News
Kirim Berita Viral 3-5 Menit (Ada Wawancara & Selfie) + Rilis Teksnya 5W1H ke Salira TV, Dihargai Rp. 50.000,-. WA: 08-5353-99-4262 - https://bit.ly/3xzCfW2
Kirim Video Berita, Ditransfer Uang Rp.50rb!

Tips Liputan Video Berita 3 sampai dengan 5 Menit untuk Salira TV News – Acara Khusus

SALIRA TV – Ini adalah Panduan untuk para Wartawan Salira TV News dalam hal Tips Bagaimana Cara Liputan Video Berita durasi 3 sampai dengan 5 Menit untuk Salira TV News untuk Acara Khusus, misalnya Acara Pameran. Untuk acara lainnya tinggal menyesuaikan saja.

1. Atur durasi video berita agar hasilnya menjadi 3 s.d 5 menit saja

2. Untuk ilustrasi berita, ambillah beberapa Take video dari berbagai sudut. Tiap sudut berdurasi 5 s.d 10 detik (tidak boleh lama-lama karena penonton akan bosan), lalu Take lagi video dari sudut lain dengan file video terpisah. Semakin banyak jumlah take video maka semakin bagus, nanti tugasnya Editor yang akan memilih Take video yang mana saja yang akan dijadikan ilustrasi berita.

3. Saat pengambilan Take video 5 s.d 10 detik (seperti dijelaskan diatas), usahakan kamera rekan-rekan tidak banyak bergerak kesana kemari, fokus saja pada apa yang disorot. Jadi, Kamera rekan-rekan hampir diam, gerak sedikit boleh. Kita nya juga sambil diam (Jangan sambil berjalan kaki). Kita bisa mencontoh berita video di TV Nasional.

4. Cari siapa yang bisa dijadikan Narasumber. Bisa seorang, bisa dua orang. Bagusnya dua orang. Yaitu Narasumber dari pihak Panitia Acara, dan yang kedua adalah Narasumber dari pihak Pengunjung atau Peserta di acara itu.

5. Ketika di awal wawancara ke Panitia, tanyalah :
– Nama
– Jabatan
– Instansi

Dan Untuk wawancara ke Pengunjung atau Peserta, bisa menanyakan :
– Nama
– Asal daerah
– Profesi

6. Saat wawancara, pertanyaan rekan-rekan untuk Panitia, harus mengacu ke 5w1h:

What – apa yang terjadi?
Where – dimana terjadinya?
When – kapan kejadiannya?
Who – siapa yang terlibat?
Why – mengapa itu terjadi?
How – bagaimana kronologi kejadiannya?

Tetapi untuk pertanyaan ke Pengunjung atau Peserta, pertanyaannya bukan lagi 5w1h
Tapi pertanyaannya :
Bagaimana pendapat Anda tentang acara ini? atau
Bagaimana kesan Anda berkunjung ke acara ini?

7. Jika Acara Khusus nya sudah diketahui dari hari-hari sebelumnya dan rekan-rekan benar-benar sudah ada maksud untuk liputan kesana, maka rekan-rekan bisa mempelajari dulu semua hal tentang Acara tersebut dari Internet dll.

Rekan-rekan juga bisa merangkum pertanyaan-pertanyaan strategis dan mencatatnya di secarik kertas untuk bahan wawancara, baik wawancara ke panitia, juga wawancara ke Pengunjung disana.

8. Ketika di akhir wawancara, mintalah nomor WA orang yang diwawacara (jika boleh dan waktunya luang / santai)
Katakan saja, itu untuk konfirmasi kalau-kalau ada hal lain yang terlewat ditanyakan, dan untuk mengirimkan link berita nya ke Narasumber jika berita sudah ditayangkan.
Kemudian, jika yang di wawancaranya Pengunjung acara, bisa dengan alasan untuk konfirmasi, nanti akan dikirimkan link berita nya ke WA dia (itu juga jika dia bersedia memberikan no.WA nya, wartawan jangan memaksa).

9. Ucapkan terimakasih dengan tulus ke orang-orang yang telah diwawancara tadi.

10. SELESAI. (KF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *