DARI REDAKSI
SALIRA TV - SIARAN TELEVISI STREAMING 24 JAM DARI INDONESIA, MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA ANAK MUDA UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS UNTUK DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING. HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.
Tupoksi Salira TV - Siaran Televisi Streaming 24 Jam dari IndonesiaWatch Now Salira TV LIVE directly at salira.co

Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto Gelar Kegiatan Pengelolaan Sampah di Wisata Cireong Ciamis

SALIRA TV PURWOKERTO – BANYUMAS – Mahasiswa KKN Reguler 2023 Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, gelar Kegiatan Pengelolaan Sampah di Wisata Cireong pada hari Minggu, 22 Januari 2023. Mahasiswa KKN Reguler UMP yang dibimbing oleh Alfalisyado, S.E., Sy, M. E mengadakan kegiatan pengelolan sampah yang terdiri dari pemungutan sampah di sekitar sungai cireong dan pembaharuan bak sampah yang dipilah menjadi sampah organik dan sampah non organik di Wisata Cireong Desa Sukaresik.

Kami mahasiswa KKN Reguler UMP lebih fokus kepada pengelolaan sampah sebagai upaya dalam mengatasi masalah lingkungan. Program ini bekerja sama dengan pengelola wisata Cireong yaitu Abah Kobra dalam pemberian arahan tentang pengelolaan sampah dan tempatnya.

Dalam pengelolaan sampah tersebut mahasiswa KKN Reguler UMP melakukan pemungutan sampah yang berserakan di sekitar sungai cireong dan mengumpulkan semua bak sampah yang ada. Setelah itu dilakukan pembersihan bak sampah dan tempatnya kemudian dilakukan pengecatan ulang pada bak sampah serta dipilah antara bak sampah organik dan sampah non organik. Abah Kobra sebagai pengelola wisata Cireong menyampaikan “Kesadaran pengunjung baik masyarakat lokal maupun luar desa tentang membuang sampah ditempatnya masih sangat rendah dengan alasan tidak tersedianya bak sampah dan ketidaktahuannya akan sampah organik dan non organik”. Maka kami mahasiswa KKN Reguler UMP memprioritaskan program ini sebagai program kerja unggulan dari kelompok kami.

Pengelolaan sampah yang baik menjadi salah satu hal penting dalam upaya untuk menjaga kesehatan lingkungan. Apalagi dengan terjaganya kebersihan lingkungan di wisata Cireong menjadikan dampak yang baik seperti terciptanya keindahan dan keasrian yang ada di wisata Cireong tersebut. Sehingga saat pengelolaan sampah sudah berjalan baik maka akan mengurangi akibat pada kotornya lingkungan terutama disekitaran sungai serta meminimalisir adanya polusi akibat sampah yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan manusianya.

Dengan terlaksananya program pengelolaan sampah di Wisata Cireong Desa Sukaresik harapannya, dapat memberikan manfaat dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ditempatnya sesuai dengan jenis sampah yaitu bak sampah organik dan non organik.

Kiriman tulisan dari : Mahasiswa KKN Reguler 2023 Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Desa Sukaresik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *